10 Urutan Dosa Terbesar, Sering Dilakukan Manusia Tanpa Sadar, No.10 Biasa di Lakukan

Seperti istilah diakatan manusia adalah tempat salah dan dosa. Tidak ada satu pun orang di dunia ini tanpa dosa kecuali Nabi Muhammad SAW. Hidup didunia ini ada yang baik dan ada yang buruk. Setiap kesalahan yang buruk dan melanggar aturan Allah SWT Itulah dosa yang kamu perbuat.

Inilah 10 dosa yang sering di lakukan manusia bahkan ini adalah golongan dosa terbesar yang bisa mendorong manusia masuk kedalam Neraka.

1. Syirik, menyekutukan Allah

Dosa syirik
Dosa syirik

Syirik adalah menduakan pengharapan kepada selain Allah. Memohon sesuatu kepada selain Allah. Yakinlah segala sesuatu yang terjadi adalah atas kehendakNya yang Maha Kuasa. Apapun yang menjadi solusi terhadap masalah Anda di dunia ini, itu semua adalah perantara dari kemurahan Allah SWT. Contohkan saja, kamu sakit parah, dan sembuh setelah meminum obat dari dokter badu, paka obat dan dokter tersebut hanyalah perantara.

Meduakan Allah dengan yang lain misal manusia, benda, makhluk gaib adalah bagian dari salah satu perbuat syirik yang mungkin kita temui di kehidupan kita sehari-hari.

2. Meninggalkan Shalat

Dosa meninggalkan sholat
Dosa meninggalkan sholat

Ibadah sholat yang wajib kita lakukan adalah 5 waktu dalam sehari. Yaitu dimulai dari sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib dan sholat isya. Bagi kita umat muslim yang mungkin masih jarang atau bahkan sering meninggal sholat, maka untuk melakukannya secara rutin setiap hari akan terasa sulit. Berbeda dengan mereka yang keimanannya yang sudah mulai membaik, mereka akan cenderung mudah untuk melakukan sholat 5 waktu dalam sehari.

Tahukan Anda bahwa sholat itu adalah tiangnya agama. Dengan tiang inilah kita akan mendirikan amalan-amalan kita yang lain layaknya membangun rumah. Orang yang benar sholatnya maka akan benar pula hidupnya, sebaliknya orang yang kurang baik sholatnya maka kurang baik pula kehidupannya.

3. Durhaka terhadap orang tua

Dosa durhaka
Dosa durhaka

Orang tua adalah jalan pintu beribadah kepada Allah SWT yang sangat di cintai. Siapapun Anda, apapun jabatan Anda, dan seberapapun kekayaan Anda. Itu semua tidak akan berguna dan tidak menjadi arti apa-apa jika Anda tidak berbagi kepada orang tua Anda.

Ridho Orangtua adalah ridho Allah SWT. Durhaka kepada orangtua dapat kita gambarkan dengan tidak berbaktinya kita kepada orangtua. Bagaimana jika yang di ajarkan orangtua kita adalah hal yang tidak baik?, ya,, meskipun demikian kita harus tetap menghargainya, dengan tidak menyakitinya walaupun tidak mengikuti apa yang telah diperintahkannya.

4. Zina

Dosa zina
Dosa zina

Berzina adalah salah satu dosa besar yang sangat dilarang. Hal ini di buktikan dengan adanya ayat yang menjelaskan bahwa kita sangat di larang keras untuk mendekati zina. Mendekati saja di larang, bagaiman dengan melakukannya.

Zina dapat diartikan secara luas, bukan hanya mencakup, hubungan b*dan semata, namunya banyak juga aspek-aspek yang dapat atau bisa menjadi peluang berzina melalui organ tubuh kita. Misalkan saja melalui mata, maka mata dapat melihat dan akan berpotensi mengakibatkan zina mata, jika di gunakan untuk melihat kemaksiatan. Selanjutnya lagi telinga, maka telinga akan berpotensi terjadinya zina pendengaran dan seterusnya.

5. Harta haram, rezeki haram

Dosa rezeki haram
Dosa rezeki haram

Harga haram yang kita makan, akan menjadi bara api di dalam tubuh kita di akhirat kelak. Untuk keharamannya apat kita bedakan menjadi beberapa bagian, misalkan haram dari segi mendapatkannya dan haram untuk penggunaanya.

Nah, seandainya kita menjadi orangtua, sudah menjadi larangan keras, bahwa kita memberikan makan anak dan keturunan kita dengan harga atau rezeki yang haram. Karena itu semua akan mengalir kedalam aliran darah kita.

6. Minum-minuman k*ras, m*buk-m*bukan

Dosa minuman
Dosa minuman

Minum minuman yang dapat merusak pikiran akan memicu terjadinya kekacauan terhadap otak kita. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya akibat yang di timbulkan dari penggunaan minuman ini.

Banyak hal yang bisa terjadi misalkan saja, kekerasan dan tindak kriminalitas lainya. Untuk itu sebisa mungkin hindarkan diri kita dan keluarga kita dari barang haram yang satu ini karena bisa berakibat fatal.

7. Memutuskan tali silaturahim

Dosa putus silaturahmi
Dosa putus silaturahmi

Memutus tali silaturahim adalah juga bagian dari dosa besar yang bisa kita lakukan sehari-hari. Karena perbedaan pendapat, perselisihan kecil dan masalah sepele kita bisa melakukan hal ini kepada teman kita, tetangga kita dan bahkan saudara kita sendiri.

Mungkin sebagian orang silaturahmi adalah halĀ  yang tidak penting, tapi siapa tau, silaturahmi dalam penjelasan alquran dan hadist menjelaskan bahwa hal ini dapat menjadi jalan dari pintu rizki bagi kita.

8. Berbuat Kebohongan, saksi palsu

Dosa berbohong
Dosa berbohong

Berbohon atau saksi palsu, berbohon adalah membuat alibi atau alasan yang tidak sesuai dengan sebenarnya. Bahaya berbohong dapat berakibat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Kebiasaan berbohong bisa terjadi karena kebohongan sering atauĀ  terbiasa di lakukan. Mulai sekarang sudah saatnya, kita semua tidak perlu berbohong dengan seebab sekecil apapun itu.

9. Kikir, Pelit

Dosa kikir
Dosa kikir

Ada istilah di masyarakat kikir atau pelit kuburannya akan sempit. Benarkah demikian?, mungkin saja itu bisa terjadi, karena dengan dasar pelit atau kikir, kita berarti tidak mempunyai kelapangan hati untuk mengiklaskan apa yang kita miliki.

Sadarlah apapun yang ada pada diri kita adalah hanya titipan. Dan titipan ini suatu saat akan di ambil oleh pemiliknya. Maka dari itu gunakanlan titipanya ini sesuai dengan apa yang di perintahkannya. Dan kelak balasan ini semua akan diberikan kepada kita dengan keiklasan yang kita lakukan.

10. Bergunjing

Dosa bergunjing
Dosa bergunjing

Wow, bergunjing, inilah yang mungkin sering kita lakukan di sekitar kita. Di warung, di kantor, di tempat nongkrong, bergunjing mungkin biasa dilakukan. Hal ini menjadi salahsatu dosa besar yang sangat berbahaya.

Bayangkan saja seandainya apa yang di gunjingkan itu tidak benar kebuktiannya. Maka itu semua akan menjadi fitnah. Dan fitnah ini adalah dosa yang besar dan berat hukumnya.

 

Demikianlah ulasan mengenai 10 dosa besar yang mungkin sering terjadi di sekitar kita, di masyarakat kita dan di lingkungan kita. Semoga kita bisa terhindar di hal itu semua. amin