Kliping Tentang Agama

Agama adalah satu keyakinan dari individu atau manusia kepada Tuhannya. Agama berfungsi sebagai sarana manusia untuk mendekatkan manusia dengan sang pencipta. Cara yang dilakukan yaitu dengan menjalankan ajaran ibadah yang menjadi tuntunan setiap agama masing-masing.

Agama atau keyakinan manusia dimuka bumi terdapat bermacam-macam. Sebelum menyusun sebuah kliping tentang agama, berikut ini kita jelaskan terlebih dahulu mengenai agama.

Fungsi agama:

  1. Agama mempunyai fungsi sebagai Sumber pedoman hidup bagi individu maupun kelompok dalam menjalankan kehidupan beribadah kepada tuhan
  2. Agama berguna sebagai Pengatur serta tata cara dalam hubungannya  manusia dengan Tuhan, makhlukh hidup, dan juga hubungannya manusia dengan manusia yang ada dimuka bumi ini.
  3. Agama berperan sebagai  tuntunan tentang prinsip benar atau salah terhadap suatu interaksi dan komunikasi sosial
  4. Agama berguna sebagai Pedoman untuk mengungkapkan rasa kebersamaan terhadap sesama
  5. Agama berfungsi sebagai perasaan keyakinan
  6. Agama sebagai dasar dalam membentuk nilai-nilai kehidupan sehari-hari
  7. Agama mempunyai nilai estetika (keindahan) tentang keyakinan
  8. Agama berperan dalam memberi identitas kepada manusia sebagai umat dari suatu agama tentang keyakinan yang dianutnya.

Baiklah berikut kliping mengenai agama yang akan kita bahas mengenai, kerukunan umat beragama, interaksi umat beragama, toleransi umat beragama dan hal-hal lainya terkait dengan keagamaan yang ada di Indonesia. Terutama agama yang ada di Indonesia seperti islam, kristen, hindu dan budha.

1.Filsafat islam berkembang pesat

Filsafat islam berkembang pesat
Filsafat islam berkembang pesat

Filsafat islam adalah dasar dari pengajaran agama islam terhadap umatnya. Penyebaran filsafat islam dibawah oleh para ulama dan di dakwahkan kepada umatnya pada setiap majelis.

Di masa kini, ketika orang menyebut filsafat islam, maka biasanya yang terbayang adalah perkembangan filsafat yang terjadi di zaman keemasan islam sekitar abad ke 8 sampai ke 13 sekitar masehi.  Kajian sejarah pemikiran islam yang lebih baru menunjukkan bahwa filsafat islam tetap berkembang pesat dan bahkan melahirkan inovasi-inovasi baru setelah masa itu, dengan menculnya beberapa tokoh misalnya suhrawardi, mulla sadra dan juga qutb uddin syirazi.

2.Konflik agama jadi sorotan

Konflik agama jadi sorotan
Konflik agama jadi sorotan

Konflik agama adalah suatu masalah serius yang harus segera diatasi. Di indonesia yang terdiri dari beragam agama maka konflik ini dapat memicu perpecahan antar umat beragama. Perpecahan tersebut bukan hanya dari interaksi sosial saja, namun dapat juga berkembang ke aspek lainya. Misalnya ekonomi, bisnis politik dan kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi antar umat beragama.

Ketua dewan pimpinan pusat lembaga dakwa indonesia mengimbau para jurnalis atau wartawan dalam menulis harus mengerti dan mengetahui persoalan terkait pemberitaan urusan konflik agama. Kalangan jurnalis diimbau pula harus punya alat ukur dalam menyampaikan informasi.

3.Konser untuk perdamaian antar agama

Konser untuk perdamaian antar agama
Konser untuk perdamaian antar agama

Pusat studi agama universitas Gadjah mada atau indonesia consortium for relegious studies yogyakarta menggelar konser lintas agama. Konser tersebut bertujuan untuk mendorong pemahaman dan menyampaikan bahwa pentingnya perdamaian antar pemeluk agama.
Diharapkan dengan adanya konser ini dapat mendorong serta memotivasi kesadaran mengenai pentingnya sebuah perdamaian.

4.Masjid integrasikan iptek dan agama

Masjid integrasikan iptek dan agama
Masjid integrasikan iptek dan agama

Masjid mempunya fungsi sebagai sarana tempat ibada bagi umat muslim. Namun selain tempat sholat masjid juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menimba ilmu pengetahuan. Cara ini dilakukan misalnya dengan membuat  kajian-kajian yang dilakukan di masjid setelah waktu ibadah wajib dilakukan.

Maraknya tindak kriminal yang sering terjadi seperti kekerasan dan juga kemaksiatan merupakan inbas dari pendidikan negatif yang bertentangan dengan islam. Maka dari itu untuk meminimalisir hal tersebut, kemampuan untuk mendidik diri sendiri sebelum menasihati orang lain sangatlah penting di upayakan.

5.Penodaan agama masih marak

Penodaan agama masih marak
Penodaan agama masih marak

Penodaan agama adalah tindakan yang melanggar hukum. Pelanggaran hukum tentang penodaan atau penistaan agama akan di jerat pidana bagi pelakunya. Penodaan agama jika diabaikan akan menjadi perpecahan antar umat beragama. Dan hal ini akan membahayakan bagi kesatuan negara Indonesia.

Upaya penodaan agama yang dilakukan baik secara langsung terang-terangan atau melalui media-media seperti media sosial. Sekarang sudah menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Salah satu pencegahan yang nyata yaitu dengan menerapkan UU ITE bagi penodaan agama melalui media sosial.

Kasus penodaan agama dan rumah ibadah menunjukkan tren meningkat dari tahun ke tahun. Tidak tertutup kemungkinan kejadiannya akan terus meningkat setiap tahunya jika tidak segera di atasi atau di cegah.

6.Universalitas dakwah islam dan tantangan globalitas

Universalitas dakwah islam dan tantangan globalitas
Universalitas dakwah islam dan tantangan globalitas

Dakwah adalah langkah untuk menyebarkan sebuah ajaran. Dalam ajaran islam dakwah dilakukan secara universal hal ini sebagai hubungannya dengan globalisasi yang semakin berkembang di Negera Indonesia.

Islam adalah risalah untuk makhluk yang bernama manusia bahkan juga jin. Tanpa mengenal skat ruang dan waktu, jenis dan suku, untuk siap asaja dimana dan kapan saja. Inilah yang disebut dengan universalitas islam. Ini dapat di jumpai dalam banyak ayat dalam al-qur’an misalnya dalam surat al-baqarah ayat 213, al-furqon ayat 158, dan al-an’am ayat 19, serta ali imran ayat 20. Dan si sampaikan pula pada hadis Nabi Muhammad SAW.

 

Demikianlah ulasan mengenai susunan kliping tentang agama. Semoga dengan adanya pembahasan tentang agama ini kita dapat mengambil pelajaran tentang apa-apa saja yang harus dilakukan tidak boleh untuk di lakukan. Semoga bermafaat.