Kliping Tentang Alam

Alam adalah bagian dari kehidupan manusia yang perlu di perhatikan keberadaanya. Sebagai manusia yang baik, sudah sepatutnya kita menjadikan alam ini sebagai salah satu bagian dari kehidupan yang pemanfaatnya digunakan sesuai ketentuan dan aturan. Alam adalah karunia dari Allah SWT yang apabila kita bersyukur dalam memanfaatkannya maka kita akan menambah nikmat tersebut.

Namun, lain halnya jika kita tidak memperhatikan alam, dan malah merusaknya maka kita akan merasakan akibat dari kerusakan tersebut. Beberapa kerusakan ini dapat mengakibatkan bencana bagi manusia itu sendiri. Misalnya banjir, tanah longsor, pencemaran lingkungan dan masih banyak lagi lainya.

Di jaman yang semakin modern ini, peran alam sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan di bumi. Untuk itu mari kita jaga dan lestarikan alam yang ada di sekitar kita mulai dari yang terkecil di lingkungan rumah kita. Baiklah, ulasan tentang alam akan kita bahas kedalam sebuah kliping tentang alam.

Kliping tentang alam

Cagar alam

Cagar alam adalah suatu lingkungna alam yang didalamnya terdapat ekosistem yang terdiri dari berbagai jenis makshluk alam yang mempunya ciri khas diantaranya baik tumbuhan satwa atau binatang yang secara peraturan di lindungi oleh pemerintah.

Cagar alam berfungsi sebagai tempat hidup habitat binatang dan juga tumbuhan yang perkembanganya semakin mendekati kepunahan. Perlindungan ini dilakukan agar habitat dalam cagar alam dapat terus hidup dan lestari.

Salahsatu daya tarik cagar alam adalah flora dan fauna yang ada. Biasanya flora dan fauna yang ada di dalam cagar alam adalah unik dan jarang di temui di tempat lain.

Beberapa cagar alam di indonesia:

  1. Cagar alam Way Kambas di Lampung
  2. Cagar alam Bukit Barisan Selatan di Lampung
  3. Cagar alam Sembilang di Sumatera Selatan
  4. Cagar alam Berbak di Jambi
  5. Cagar alam Bukit Dua Belas di Jambi
  6. Cagar alam Bukit Tiga Puluh di Riau
  7. Cagar alam Kerinci Sebrat di Jambi
  8. Cagar alam Siberut di Sumatera Barat
  9. Cagar alam Batang Gadis di Sumatera Utara
  10. Cagar alam Gunung Leuser di Nangroe Aceh Darussalam

Suaka margasatwa

Hutan lindung

Air terjun

Sungai