Kliping Tentang Alat Musik

Alat musik adalah instrumen atau peralatan yang di buat untuk menghasilkan bunyi yang berfungsi sebagai hiburan. Alat musik pada umumnya menghasilkan suara atau bunyi. Untuk alat musik dapat  berupa alat musik tradisional dan juga alat musik modern.

Alat musik tradisional adalah alat musik yang dibuat dengan bahan tanpa menggunakan perangkat elektronika. Misalnya saja gitar manual, biola manual, kecapi dan banyak lagi lainya.

Alat musik modern adalah kebalikan dari alat musik tradisional, pembuatannya membutuhkan bahan eletronika untuk menghasilkan suara dalam bermusing. Pada umumnya alat musik ini menggunakan listrik sebagai sarana untuk memainkannya.

Nah untuk pembahasan tentang peralatan untuk bermusik kali ini akan kita susun kedalam sebuah kliping tentang alat musik. Dan kliping ini akan kita kelompokkan berdasarkan alat musik  kelompok sumber bunyinya.

1.Idiofon

Idiofon adalah alat musik yang sumber bunyi atau suaranya berasal dari bahan dasarnya. Contoh alat musik idiofon yaitu:

1.Kolintang

Alat musik Kolintang
Alat musik Kolintang

Kolintan atau dalam bahasa sehari-hari sering kita kenal dengan alat musik kulintang  atau nama lainya totobuang adalah  alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. Cara memainkan kulintang adalah dengan cara di pukul dengan menggunakan alat pemukul.

2.Drum

Alat musik drum
Alat musik drum

Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang atau stik. Bahan dari alat musik ini Selain kulit, drum juga dapat dibuat dengan  menggunakan bahan lain, misalnya plastik.

3.Angklung

Alat musik angklung
Alat musik angklung

Angklung adalah sebuah alat musik yang secara tergolong dalam alat musik tradisional yang berkembang dalam masyarakat Sunda terutama di Pulau Jawa bagian barat. Bahan untuk membuat alat musik ini yaitu dibuat dari bambu yang mempunyai rongga. Cara memainkan angklung yaitu dengan cara  digoyangkan yang mana bunyi tersebut  disebabkan oleh benturan badan pipa bambu sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada.

2.Aerofon

Aerofon adalah alat musik yang sumber bunyi atau suaranya berasal dari hembusan udara pada rongga. Contoh alat musik aerofon yaitu:

1.Suling

Alat musik suling
Alat musik suling

Suling adalah  alat musik  yang terbuat dari bambu. Cara memainkan alat musik suling yaitu dengan cara di tiup pada lubang yang telah di sediakan. Sedangkan lubang yang lainya berfungsi untuk mengatur irama musik yang keluar dari suling.

2.Trompet

Alat musik trompet
Alat musik trompet

Trompet adalah alat musik yang terbuat dari logam yang cara memainkannya juga di tiup. Perbedaanya dengan suling yaitu pada trompet ujung dari alat musik ini lebih melebar dan berongga.

3.Harmonika

Alat musik harmonika
Alat musik harmonika

Harmonika adalah alat musik yang berbentuk seperti kotak kecil yang pada tepinya terdapat lubang rongga-rongga yang berguna untuk mengatur irama musik. Cara memainkan harmonika adalah dengan cara  meniup dan juga menghisapnya.

4.Trombon

Alat musik trombon
Alat musik trombon

Trombon adalah alat musik yang hampir sama dengan trompet. Bedanya adalah trombon berbentuk lebih kecil dibanding trompet dan cara memainkannya dengan cara meniup dan menggetarkan bibir pemain musik.

3.Kordofon

Kordofon adalah alat musik yang sumber bunyi atau suaranya berasal dari dawai atau tali senar. Contoh alat musik kordofon yaitu:

1.Gitar

Alat musik gitar
Alat musik gitar

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai atau bertali senar yang cara memainkannya  dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun  plektrum atau kip.

2.Biola

Alat musik biola
Alat musik biola

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Meskipun alat musik ini menggunakan dawai atau senar sebagai sarannya. Namun pada umunya cara memainkan alat musik ini dengan car adi panggul.

3.Sitar

Alat musik sitar
Alat musik sitar

Sitar adalah alat musik yang bentuknya hampir sama dengan gitar. Sara suara musiknya menggunakan dawai atau senar. Cara memainkannya juga di petik. Perbedaanya adalah pada sitar tangkai pegangannya cenderung lebih panjang. Dan rongga tabung suaranya lebih kecil.

4.Piano

Alat musik piano
Alat musik piano

Piano adalah alat musik yang memainkannya dengan cara di pencet dengan jari-jari. Alat musik ini tergolong sebagai alat musik modern.

5.Kecapi

Alat musik kecapi
Alat musik kecapi

Kecapi adalah alat musik yang cara memainkannya di petik. Kecapi berbentuk seperti cekungan rongga yang terdapat dawai atau senar sebagai sarana mengeluarkan bunyi dengan cara di petik.

4.Membranofon

Membranofon adalah alat musik yang sumber bunyi atau suaranya dari selaput atau membran. contoh alat musik membranofon yaitu:

1.Kendang

Alat musik kendang
Alat musik kendang

Kendang adalah alat musik yang terbuat dari kayu berongga dengan kulit sebagai penutup ruang rongga sebelah kanan dan kiri. Cara memainkan kendang yaitu dengan cara  di pukul.

2.Rebana

Alat musik rebana
Alat musik rebana

Rebana adalah alat musik yang terbuat dari kayu berongga dan rongganya tertutup hanya di bagian sisinya saja, cara memainkannya dengan cara di pukul atau di timpung.

5.Elektrofon

Elektrofon adalah alat musik yang sumber bunyi atau suaranya dibangkitkan oleh tenaga listrik (elektronik). Contoh alat musik elektrofon yaitu:

1.Gitar listrik

Alat musik gitar listrik
Alat musik gitar listrik

Gitar listrik adalah alat musik gitar dengan menggunakan efek listrik sebagai variasi keluaran bunyinnya.

2.Piano listrik

Alat musik piano listrik
Alat musik piano listrik

Piano listrik adalah alat musik pencet dengan suara menggunakan efek listrik sebagai variasi bunyi pianonnya.

 

Demikian kliping tentang alat musik baik tradisional maupun modern. Semoga bermanfaat bagi kita semua.