Kliping Tentang Alat Musik Tradisional

lat musik tradisional adalah sebuah alat musik yang di ciptakan atau berasal dari suatu daerah tertentu. Untuk alat musik ini biasanya cenderung tanpa menggunakan perangkat alat bantu eletronika.

Beberapa jenis alat musik tradisional yang sering kita jumpai di sekitar kita yaitu alat musik yang di pukul, alat musik yang digoyang, alat musik yang di tiup, dan juga alat musik yang di petik.

Nah kali ini alat alat musik tradisional dari beberapa daerah provinsi maupun kabupaten yang ada di provinsi Riau akan kita bahas dalam sebuah kliping berkut ini.

Alat Musik Tradisional

1. Serune Kale

Alat musik tradisional serune kale
Alat musik tradisional serune kale

Sarune Kale adalah alat musik tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam alat musik ini masuk kedalam jenis musik Aerofon, Aerofon adalah alat musik yang mengeluarkan bunyi yang berasal dari hembusan atau tiupan angin. Cara memainkan alat musik serune kale  yaitu dengan ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur atau menyetel nada-nada yang keluar dari  lubang alat musik serune kale tersebut.

Jika dilihat dari bentuknya alat musik ini hampir mirip bentuk terompet.

2. Aramba

Alat musik tradisional aramba
Alat musik tradisional aramba

Aramba adalah alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Nias lebih tepatnya yaitu provinsi Sumatera Utara. Alat musik ini termasuk dalam alat musik bunyi dengan jenis Ideofon, Bunyi yang dikeluarkan atau dihasilkan  berasal dari bahan dasarnya atau bahan dari bentuknya. Cara memainkan alat musik Aramba yaitu dengan cara memukulknya   menggunakan pemukul seperti stik atau batang dengan ujung membulat, sekilat jika di lihat alat musik ini mirip dengan gong.

3. Saluang

Alat musik tradisional saluang
Alat musik tradisional saluang

Saluang adalah alat musik tradisional yang berasal dari  Minangkabau Provinsi  Sumatera Barat atau Sumbar. Alat musik ini mempunyai jenis bunyi Aerofon, Aerofon adalan alat musik yang mengeluarkan atau menghasilkan bunyi yang asalnya dari hembusan  angin atau di tiup. Cara memainkan alat musik saluang ini yaitu dengan ditiup dan pada lubang yang ada di salung digunakan untuk mengatur bunyi atau nada dan untuk mengatur nada menggunakan jari pada lubang untuk menutup dan membukanya.

 4. Gambus
Alat musik tradisional gambus
Alat musik tradisional gambus

Gambus adalah alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Riau, alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang membunyai keluaran jenis bunyi Kordofun, atau alat musik yang  bunyinya  berasal dari dawai atau senar yang di petik. Gambus mempunyai 3 senar sampai dengan  12 senar. Dalam memainkannya alat musik Gambus biasanya dimainkan sambil di kombinasikan dengan iringan musik gendang.

 5. Serangko
Alat musik tradisional serangko
Alat musik tradisional serangko

Serangko adalah alat musik tradisional berasal dari  provinsi Jambi. Alat musik ini  terbuat dari tanduk kerbau yang dibuat hingga sedemikian rupa . Cara memainkan alat musik Serangko yaitu dengan meniupnya, serangko biasanya digunakan untuk pemberitahuan atau alat bantu pengumuman  jika ada musibah atau informasi penting di suatu masyarakat Jambi.

6. Accordion

Alat musik tradisional accordion
Alat musik tradisional accordion

Accoridon adalah alat musik tradisional yang  berasal dari  provinsi Sumatera Selatan. Alat musik ini merupakan alat musik yang mempunyai jenis bunyi Aerofon. Cara memainkan alat musik accordion yaitu dengan meniup dan memegangnya dengan  kedua tangan untuk mengatur alunan nada.

7. Doll

Alat musik tradisional doll
Alat musik tradisional doll

Doll  adalah alat musik berasal dari Provinsi Bengkulu. Doll merupakan alat musik yang mempunyai jenis bunyi Membranofon atau berbentuk membran sebagai sumber bunyinya, yaitu jenis bunyi yang asal bunyinya dengan memukul. Cara memainkan doll adaalah dengan memukul menggunakan alat pemukul.

8.  Bende

Alat musik tradisional bende
Alat musik tradisional bende

ende adalah alat musik tradisional berasal dari Provinsi Lampung. Alat musik ini merupakan alat musik yang mempunyai jenis bunyi Ideofon, yang mana jenis bunyi yang dihasilkan berasal dari bahan dasarnya. Cara memainkan alat musik ni  yaitu dipukul dengan alat pukul yang khusus yang telah disesuaikan dengan alat musiknya.

9. Gendang Melayu

Alat musik tradisional gendang melayu
Alat musik tradisional gendang melayu

Gendang melayu adalah alat musik tradisional yang berasal dari Kepulauan bangka belitung  alat musik ini mempunyai jenis bunyi Membranofon, Cara memainkannya yaitu dengan memukulnya.

10. Gendang Panjang

Alat musik tradisional gendang panjang
Alat musik tradisional gendang panjang

Gendang panjang  adalah alat musik tradisonal berasal dari Kepulauan Riau yang mempunyai jenis bunyi Membranofon yang digunakan dengan cara menepukkan tangan pada area yang lunak atau kulit sebagai penghasil bunyi..

Populer: kliping tentang musik tradisional, kliping musik tradisional lengkap