Kliping Tentang Atletik

Atletik adalah olahraga yang terdiri dari berbagai jenis cabang olahraga. Jenis olahraga ini adalah olahraga yang dipertandingkan pada kejuaran nasional maupun internasional sesuai event yang telah di tentukan oleh dunia. Jenis Olahraga yang tergolong atau termasuk pada olahraga atletik yaitu lari, lempar dan lompat.

Olahraga atletik pertama kali di pertandingan pada tahun 776M pada kejuaraan olimpiade. Di indonesia induk olahraga atletik adalah Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau di singkat dengan PASI.

Baiklah kali ini kita akan bahas olahraga atletik ini dan rangkumnya pada sebuah kliping yang dapat kita baca bersama. Untuk informasi kliping berikutnya, pada kliping atletik ini akan kita pecah lagi secara detail sesuai dengan jenisnya.

1.Lari Sprint

Lari sprint
Lari sprint

Sprint merupakan salah satu olahraga lari yang mengutamakan kecepatan dalam menuju tujuan. Pada umumnya lari sprint di perlombakan dengan jarak yaitu 60 meter. Namun pada perlombaan lainya bisa menempuh jarak sepanjang 100 meter, 200 meter, dan 400 meter. Tempat perlombaan lari sprint biasanya di juga dapat dilakukan di dalam ruangan atau indoor ataupun di luar ruangan outdoor.

2.Lari jarak menengah

Lari jarak menengah
Lari jarak menengah

Lari jarak menengah adalah olahraga lari yang menempuh jarak yang tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat. Pada umumnya lari ini menempuh jarak yaitu sepanjang 800 meter hingga 1500 meter.

3.Lari halang rintang

Lari halang rintang
Lari halang rintang

Lari halang rintang adalah olahraga lari yang dilakukan dengan melompati atau melewati setiap rintangan yang diberikan. Rintangan yang ada biasanya berupa palang atau penghalang dengan ketinggian tertentu. Apabila pelari menabrak rintangan hingga jatuh, biasanya pelari akan dikurangi nilainya. Untuk jarak yang ditempuh yaitu sekitar 300 meter. Halangan dari lari ini dapat berupa penghalang ataupun juga rintangan air.

4.Lari jarak jauh

Lari jarak jauh
Lari jarak jauh

Lari jarak jauh adalah lari yang dilakukan dengan menempuh jarak diatas 5000 meter atau 5 km. Bahkah jarak yang ditempuh bisa mencapai 10000 meter atau 10 km. Untuk olahraga ini sangat memakan waktu hingga berjam-jam untuk mencapai tujuan. Butuh ketahan fisik yang kuat bagi pelari jika ingin mengikuti perlombaan ini. Pola pengaturan nafas sangat penting dalam lari. Sehingga ketahanan tenaga dapat terjaga dengan stabil.

5.Lari gawang

Lari gawang
Lari gawang

Lari gawang hampir sama dengan lari halang rintang. Pada lari ini juga menggunakan rintangan atau penghalang pada perlombaanya. Jarak yang ditempuh dalam perlombaan lari ini yaitu sekitar 110 meter hingga 400 meter.

6.Lari estafet

Lari estafet
Lari estafet

Lari estafet adalah olahraga lari yang dilakukan oleh beberapa orang pelari dalam perlombaanya. Pada lari ini pelari terdiri dari beberapa pelari dalam satu tim. Tujuan dari lari estafet ini adalah lari dengan menyampaikan tongkat kepada anggota tim lainya sampai pelari sampai ke gari finish.

7.Tolak peluru

Tolak peluru
Tolak peluru

Tolak peluru adalah olahraga dengan mengedepankan kekuatan otot lengan tangan. Caranya adalah dengan menolak atau mendorong suatu benda bulat seperti peluru dengan bobot atau berat tertentu. Tujuan dari olahraga ini adalah melempar peluru sejauh-jauhnya. Semakin jauh  jarak lemparan, maka dia adalah yang menang atau juara.

8.Lempar lembing

Lempar lembing
Lempar lembing

Lempar lembing adalah olahraga yang dilakukan dengan melempar lembing dengan jarak tertentu. Lembing adalah tongkat dengan panjang tertentu, namu lebih berbobot dari pada piringan cakram ataupun peluru. Hal yang paling di utamakan dalam olahraga ini yaitu kecepatan, kekuatan dan ketahanan.

9.Lempar cakram

Lempar cakram
Lempar cakram

Lempar cakram adalah olahraga atletik dengan melemparkan piringan cakram, piringan yang digunakan dengan berat 2 kg untuk laki-laki dan 1 kg untuk wanita, sedangkan diameter cakramnya yaitu 220 mm.

10.Lontar martil

Lontar martil
Lontar martil

Lontar martil adalah olagraga atletik yang dalam perlombaanya menggunakan bola berbobot yang diikat dengan tali. Bola tersebut berupa logam.

11.Lompat tinggi

Lompat tinggi
Lompat tinggi

Lompat tinggi adalah olahraga atletik yang dilakukan dengan melompati tiang pembatas atau mistar dengan ketinggian tertentu. Tujuan dari perlombaan olahraga ini adalah untuk mencapai lompatan setinggi-tinginya atau yang paling tertinggi.

12.Lompat galah

Lompat galah
Lompat galah

Lompat galah adalah salah satu olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat dengan menggunakan galah yang lentur sebagai penompang tubuh untuk melewati sebuah pembatas.

 

Olahraga atletik di indonesia sangat banyak dan beragam. Semua olahraga diatas di perlombakan pada even-even olahraga nasional. Demikian kliping tentang atletik yang kita rangkum semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi kita semua.