Kliping Tentang Bencana Alam

Bencana alam adalah kejadian yang perlu di hindari. Salahsatunya adalah dengan menjaga lingkungan sekitar kita tetap asri dan bersih. Di indonesia banyak daerah-daerah yang berpotensi mengalami bencana alam. Bencana alam ini bisa disebabkan oleh ulah manusia dan juga secara alami.

 

Potensi-potensi bencana yang ada di Indonesia misalnya gempa bumi, gunung meletus, banjir, kebakaran hutan, kabut asap, tsunami, banjir air bah, tanah longsong, tanah bergerak, kekeringan atau tandus, wabah penyakit dan masih banyak yang lainya.

 

Ulasan artikel mengenai bencana alam ini akan kita rangkum kedalam sebuah kliping yang bisa kita jadikan sebagai informasi mengenai bencana alam yang ada di Indonesia.

 

Bencana Alam Indonesia

 

1.  Gunung Meletus

Gunung Meletus
Gunung Meletus / gambar: riefeonline

Gunung meletus merupakan aktivitas letusan yang di sebabkan dari aktivitas gunung yang sudah mengalami masa aktif letusan.

 

Kejadian ini merupakan peristiwa yang terjadi akibat adanya  endapan magma yang terdapat di dalam perut bumi yang mengalami dorongan keluar yang terjadi karena adanya tekanan gas yang bertekanan tinggi.

 

Selain itu gunung api  pada letusannya mempunyai magma. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi  yang bersuhu sangat tinggi, perkiraan suhu yang ada pada magma yaitu dari 1.000 °C. Magma yang berupa cairan ini, yang keluar dari perut bumi sering kita kenal dengan lava dan Suhu  yang terdapat apda lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1.200 °C.  Pada Letusannya gunung berapi membawa batu dan abu dapat menyembur atau terdorong keluar sampai sejauh radius 18 km atau lebih, sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km.

2. Banjir

Bencana alam banjir
Bencana alam banjir / gambar:kompas

Banjir adalah luapan air yang menutupi daratan  yang disebabkan karena melimpahnya atau meluapnya volumen air yang ada pada suatu tempat. Misalkan luapan air yang terjadi pada sungai, waduk. Luapan air tersebut besar kemungkinan disebabkan karena penambahan volume air yang disebabkan air hujan.

 

Air yang penuh dan meluap dari suatu tempat dan menutupi daratan sehingga mengjadi genangan inilah yang bisa kategorikan sebagai bencana alam jika air yang meluap tidak terkontrol atau berlebihan.

 

Luapan air dapat terjadi karena faktor resapan yang sangat kurang. Misalkan saja kurangnya pepohonan yang menjadi penyerap air. Bencana banjir biasanya sering melanda daerah perkotaan yang padat penduduk yang mengabaikan irigasi, pembuangan sampah sembarangan dan kurangnya pohon resapan air.

 

Jenis-jenis banjir terdiri misalnya banjir air bah, banjir rob dan banjir hujan

 

3. Tanah longsor

Bencana alam tanah longsor
Bencana alam tanah longsor / gambar:faktualnews

Tanah longsor adalah peristwita runtuhnya daratan dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Tanah longsor pada umumnya terjadi pada daratan dengan kontur tanah berbukit-bukit dan berjurang-jurang. Bencana tanah longsong juga bisa disebabkan karena curah hujan yang tinggi dan kontruksi tanah yang sedikit pepohonan penyangga tanah daratan yang ada disekitarnya.

 

4. Kekeringan

Bencana alam kekeringan
Bencana alam kekeringan / gambar:agrofarm

Kekeringan adalah kondisi daratan kekurangan air. Kekeringan sendiri di identikan dengan kondisi perkebungan atau juga pertanian yang membutuhkan air namun persedian air tidak menyukupi untuk kebutuhannya. Kekeringan bisa disebabkan karena kurangnya curah hujan, perubahan cuaca atau iklim dan beberapa faktor lainya.

 

Selain berpengaruh terhadap kondisi pertanian dan perkebunan kekeringan dapat mengganggu kehidupan manusia teruma jika terjadi kekeringan pada sumber mata air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mencuci, dan kebutuhan lainya.

 

5. Gempa bumi

Bencana alam gempa bumi
Bencana alam gempa bumi / gambar:inilah

Gempa adalah peristiwa pergerak daratan di muka bumi. Pergerakan tersebut bisa disebabkan karena gajala vulkanik dan juga gejala tektonik. Gejala vulkanik merupakan gejala pergerakan bumi yang disebabkan karena letusan gunung berapi. Sedangkan gejala tektonik merupakal gejala pergerakan bumi yang disebabkan terjadinya pergeseran lempeng bumi.

 

Gempa bumi di ukur dengan skala rikhter. Goncoangan gempa bumi yang sangat kuat akan menyebabkan kehancuran bangunan-bangunan yang ada diatasnya.

 

6. Badai

Bencana alam badai
Bencana alam badai / gambar:bbc

Badai adalah pergerakan angin yang disertai air. Contoh badai misalnya angin topan, angin puyu, badai salju, badai tropis, tornado.

Pergerakan angin yang berlebihan ini dapat menyebabkan kehanduran bangunan-bangunan diatas daratan yang tidak di tumbuhi pepohonan sebagai penghambat pergarakan angin.

 

7. Kebakaran Hutan

Bencana alam Kebakaran Hutan
Bencana alam Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan disebabkan karena ulah manusia yang membakar hutan untuk membuka lahan. Kebakaran hutan dapat menyebabkan bencana lainya yaitu asap. Untuk menghindari itu pembukaan lahan secara sembarangan dengan membakar hutan harus dihentikan.

 

 

Terimaksih sudah membaca kliping tentang bencana alam, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Populer: download the searti