Kliping Tentang HAM

Hai, apa kabar ?, jumpa lagi dengan searti.com. Topik kali ini sedikit lebih serius di bandingkan biasanya. Topik yang akan kita ulas yaitu mengenai HAM atau dengan kepanjangannya yaitu Hak Asasi Manusia.

Hak asasi manusia merupakan topik pembasan yang penting kita ketahui. Selain sebagai wawasan dan informasi, pembahasan ini berkaitan dengan hak kita sebagai setiap individu di dalam bermasyarakat dan berbangsa serta bertanah air indonesia.

Hak dalam hakekatnya adalah sesuai yang wajib kita terima. Setiap manusia mempunya hak dalam hidup di dunia ini. Sedangkan asasi berasal dari kata asas yaitu dasar atau sesuai yang paling dasar. Selanjutnya adalah Manusia, sudah kita ketahui, manusia adalah makhluk ciptakaan Allah SWT yang hidup di muka bumi ini.

Maka dari itu HAM adalah hak dasar manusia yang harus diterima. Dan hak tersebut setara dengan hak-hak manusia lainya di muka bumi ini.

Baiklah pembahasan ini kita rangkup dan definisikan kedalam sebuah kliping tentang ham yang dapat kamu download dan pelajari serta jadikan bahan tugas di sekolah. Simak lebih lanjut ya.

1.Hak asasi pribadi

Hak asasi pribadi
Hak asasi pribadi

Hak asasi pribadi merupakan hak yeng melekat pada diri sendiri. Atau hak yang paling dekat kaitanya dengan diri pribadi. Contoh hak asasi probadi misalnya hak mengeluarkan pendapat, hak memeluk agama, hak melakukan kunjungan, hak melakukan bepergian ke suatu tempat yang terbuka untuk umum dan hak berorganisasi.

2.Hak asasi ekonomi

Hak asasi ekonomi
Hak asasi ekonomi

Hak yang berkaitan dengan ekonomi setiap individu. Hak ekonomi ini dapat didefinisikan misalnya hak melakukan jual atau berjualan, hak melakukan pembelian dan transaksi-transaksi ekonomi lainya ataupun perniagaan. Contohnya misalnya kebebasan membeli kendaraan, mempunyai pekerjaan dan berjualan.

3.Hak asasi politik

Hak asasi politik
Hak asasi politik

Hak asasi politik adalah hak asasi manusia yang berhubungan dengan aktivitas berpolitik. Politik itu sendiri di jabarkan misalnya hak untuk memilih dan dipilih. Contohnya hak dalam pendirian partai politik, hak menjadi anggota dewan, berhak menjadi pemimpin misalnya bupati, gubernur, presiden dan juga berhak memilih pemimpun seperti yang di jelaskan tadi.

4.Hak asasi hukum

Hak asasi hukum
Hak asasi hukum

Hak asasi hukum adalah hak kesamaan kedudukan serta perlakuan didalam hukum. Hal ini yang mendasari sebagai hukum menjadi adil bagi setiap manusia. Bukan yang terhebat, terkaya dan terkuasa yang paling menang di mata hukum. Namun siapa yang benarlah yang patut dibela. Contohnya mendapatkan pembelaan hukum, mendapat pelayanan dan perlindungan hukum yang baik, melakukan proses yang sama dalam kasus hukum.

5.Hak asasi peradilan

Hak asasi peradilan
Hak asasi peradilan

Hak asasi peradilah adalah hak setiap warga negara mempunyai kesamaaan dalam peroses peradilan. Untuk hak ini mungkin hampir beriiringan dengan hak asasi hukum. Contohnya melakukan proses yang sama pada saat penggeledahan, persidangan, pemberian hukuman sesuaii dengan peraturan yang berlaku di mata hukum.

 

Hak-hak diatas adalah hak setiap manusia yang hidup dimuka bumi ini yang patut di lindungi dan di jaga. Pelanggaran yang teradi setiap hak yang melekat pada diri individu adalah sebuah pelanggaran ham. Pelanggaran ham merupakan tindak melanggar hukum yang pelakunya dapat dikenai hukum pidana. Demikian semoga bermanfaat.