Kliping Tentang Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah komunikasi antara indivisu satu dengan invidu yang lainya. Komunikasi ini menghasilkan suatu respon baik positif maupun negatif terhadap suatu permasalahan atau pandangan sikap.

Interaksi sosial juga berlangsung dengan norma serta aturan-aturan yang berlaku dalam masyarakat. Interaksi sosial merupakan kontak sosial yang memerlukan respon terhadap individunya. Untuk itu interaksi sosial terdiri dari beberapa aspek yang terkait didalamnya yaitu:

  1. Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan, perasaan, atau pikiran kepada pihak lain.
  2. Komunikan adalah orang atau sekelompok orang yang dikirimi pesan, pikiran, atau perasaan.
  3. Pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa informasi, instruksi, dan perasaan.
  4. Media adalah alat untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar, dan film.
  5. Efek adalah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan, setelah mendapatkan pesan dari komunikator.

Untuk ulasan kali ini kita akan membuat kliping mengenai interaksi sosial, dengan isi sebagai berikut:

1.Mengajari mengaji anak-anak

Mengajari mengaji anak-anak
Mengajari mengaji anak-anak

Di lingkungan sekitar terdapat banyak anak-anak yang membutuhkan pendidikan non formal selain disekolah. Pendidikan nonformal tersebut yaitu pendidikan agama berupa mengaji membaca kita suci. Salah satu interaksi sosial yang dapat dilakukan oleh kita atau yang tampak pada klip diatas yaitu seorang wanita mengajari mengaji anak-anak yang ada di lingkungan rumah sekitarnya.

Pada proses belajar ini terjadi saling interaksi dan pemberian materi berupa ilmu tentang bacaan yang di ajarkannya.

2.Berbelanja kepada pedagang sayur

Berbelanja kepada pedagang sayur
Berbelanja kepada pedagang sayur

Interaksi individu terhadap lingkungan dapat berupa banyak hal. Salah satunya dengan berinteraksi dengan pedagan yang ada di pasar juga dapat di katakan sebagai interaksi sosial. Tampak pada klip seorang wanita sedang memegang salah satu sayur yang di jual oleh pedagang di pasar dang ingin membelinya.

Pada proses jual beli ini terjadi interaksi tawar menawar antara penjual dan pembeli. Dengan demikian akan terjadi kesepakatan terhadap barang yang akan di jual dan di beli.

3.Gotong royong membersihkan lingkungan

Gotong royong membersihkan lingkungan
Gotong royong membersihkan lingkungan

Lingkungan yang kotor membuat lingkungan sekitar Kita menjadi tercemar. Pencemaran lingkungan ini akan membahayakan bagi masyarakat itu sendiri, salah satunya adalah penyebaran penyakit yang di timbulkan akibat sampat tersebut.

Sudah sepantasnya bagi Kita semua untuk bergotong royong membersihkan tempat tinggal kita agar tercipta lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat. Bergotong-royong berbagi tugas untuk membersihkan lingkungan upaya untuk berlaku sama kepada semua penduduk masyarakat.

4.Khutbah jum’at kepada jamaah

Khutbah jum'at kepada jamaah
Khutbah jum’at kepada jamaah

Setiap hari jum’at terutama umat islam menjalankan sholat secara berjamaah. Sholat tersebut yaitu sholat Jum’at. Sebelum sholat jum’at dimulai terdapat khutbah atau ceramah sebelum sholat dimulai. Ceramah ini merupakan salah satu interaksi sosial tarhadap salah satu umat beragama.

5.Menyalurkan bantuan kepada korban bencana

Menyalurkan bantuan kepada korban bencana
Menyalurkan bantuan kepada korban bencana

Di Negera Indonesia banyak beberapa lokasi yang rawan terjadinya bencana. Bencana ini kadang menimbulkan korban jiwa. Salah satu interaksi sosial yang dapat kita lakukan yaitu dengan memberikan bantuan sukarela kepada korba-korban bencana tersebut. Dengan bantuan yang kita berikan, di harapkan mereka dapat semakin tabah dan bersemangat untuk menjalani kehidupan yang akan datang.

6.Siswa berdiskusi dengan temannya

Siswa berdiskusi dengan temannya
Siswa berdiskusi dengan temannya

Salah satu tugas dari siswa adalah belajar. Siswa juga dapat berinteraksi secara sosial di lingkungan sekolah. Hal tersebut dapat kita lihat pada klip diatas seorang siswa sedang melakukan diskusi tentang mata pelajaran yang ada disekolah.

 

Interaksi sosial sangat banyak jenisnya. Seperti yang sudah kita jabarkan diatas, interaksi sosial yang dilakukan dari beberapa aspek yang ada di lingkungan kita, semoga bermanfaat.

Populer: gambar membantu teman korban bencana alam