Kliping Tentang Korupsi

Korupsi merupakan kegiatan melanggar hukum. Korupsi sangat berbahaya bagi kehiudupan di negera. Dengan adanya praktek korupsi, maka hak-hak dari rakyat akan terambil  dan rakyat tidak akan mendapat haknya sebagaimana mestinya.

 

Korupsi merupakan kegiatan melanggar hukum yang pelakunya dapat di hukup pidana penjara. Dalam prakteknya korupsi disebabkan karena banyak faktor misalnya kesempatan, kemauan dan juga keserakahan tentang uang, jabatan dan juga kekuasaan.

 

Bahaya korupsi jika dibiarkan merajalela adalah negeraka akan mengalami keterpurukan dengan terganggunya sistem perekonomian. dengan sistem ekonomi yang terganggu maka negera akan terus menambah hutang-hutangnya untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. Maka dari itu mari kita cegah korupsi sejak usia dini dan kanak-kanak.

 

1. Penyebab Korupsi

 

Jabatan

Jabatan penyebab korupsi
Jabatan penyebab korupsi

Jabatan merupakan faktor yang dapat mendorong seseorang untuk melakukan korupsi. Misalkan saja seseorang berkeinginan untuk menduduki jabatan tertentu, maka untuk mendapatkan itu mereka berupaya segenap kemampuan untuk menghalalkan segala cara.

 

Kesempatan

Kesempatan korupsi
Kesempatan korupsi

Kadang korupsi terjadi karena adanya kesempatan yang berada di depan mereka. Mereka meanggap apa yang ia lakukan tidak akan diketahui oleh siapapun.

 

Keserakahan

Korupsi karena serakah
Korupsi karena serakah

Orang yang serakah tidak akan puas dengan apa yang mereka dapatkan, mereka akan cenderung untuk terus mencari apa yang mereka inginkan. Serakah adalah kunci hancurnya seseorang. Salah satu efeknya adalah melakukan korupsi karena serakah

 

2. Jenis Korupsi

 

Penyuapan

korupsi penyuapan
korupsi penyuapan

Penyuapan merupakan suatu usaha memberikan sesuatu untuk mendapatkan imbalan sesuatu. Suap biasanya dilakukan untuk melancarkan suatu kegiatan atau program yang sedang atau akan dijalankan. Penyuapan tergolong sebagai korupsi karena dapat mengganggu jalannya sistem pemerintahan.

 

Gratifikasi

Korupsi gratifikasi
Korupsi gratifikasi

Gratifikasi merupakan suatu usaha memberikan hadiah, atau bingkisan untuk suatu tujuan mendapatkan balasan tertentu baik itu suatu proyek maupun imbalan lainya. Gratifikasi bukan hanya berupa berbentuk uang. Namun dapat pula dalam bentuk lainya misalnya parsel, tiket, souvenir dan bentuk lainya.

 

3. Akibat Korupsi

 

Masyarakat menderita

Masyarakat menderita
Masyarakat menderita

Semakin banyaknya korupsi maka akan sangat membuat masyarakat menderita. Ini dibuktikan dengan tidak adanya kemampuan pemerintah untuk memberikan bantuan terhadap masyarakat yang kurang mampu.

 

Masyarakat miskin

Masyarakat miskin
Masyarakat miskin

Membuat masyarakat yang miskin menjadi lebih miskin. Hal tersebut akan dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang semna-mena karena mendapatkan uang dan harta yang berlimpah dari korupsi. Mereka menganggap uang adalah segalanya, maka dari itu mereka akan mengatur segalanya dengan uang.

 

Masyarakat kurang pendidikan

Kurang pendidikan
Kurang pendidikan

Terkurasnya keuangan negera karena semakin habis dimakan oleh koruptor. Menyebabkan pemerintah tidak akan mampu membiayai pendidikan masyarakatnya. Setidaknya untuk pendidikan tingkat wajib mulai dari sd, smp hingga sma. Kebodohan akan semakin banyak banyak di pelosok negeri. Ini akan mempengaruhi perkembangan dan kemajuan bangsa dari segi pola pikir pendidikan.

 

4. Pencegahan Korupsi

 

Kuatkan iman

Kuatkan iman
Kuatkan iman

Bagi siapapu dan agama manapun korupsi adalah kegiatan yang melanggar norma agama. Maka dari itu perlu di cegah di berantas sesegera mungkin. Dengan meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa, maka kita semua dapat semakin sadar bahwasanya hasil korupsi itu tidak akan bermanfaat apa-apa. Selain itu hal tersebut juga hanya membuat kita semakin sulit untuk lebih mengenal tuhannya.

 

Bersyukur

Bersyukur kepada allah
Bersyukur kepada allah

Selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki adalah upaya yang perlu kita lakukan. Dengan bersyukur kita akan lebih paham, bahwa apa yang kita miliki adalah lebih baik dari orang lain yang belum tentu mereka dapatkan. Kesadaran ini akan mendorong manusia tidak akan serakah terhadap sesuatu, misalnya uang, jabatan dan kekuasaan.

 

Hukuman yang berat

Hukuman yang berat
Hukuman yang berat

Sudah sepatutnya koruptu dihukum seberat mungkin. Hukuman berat akan membuat mereka takut dan jera untuk melakukan korupsi yang merugikan negera ini. Bila perlu, untuk itu lakukan upaya yang memungkinkan mereka tidat lagi berkemungkinan berkorupsi. Salahsatunya adalah dengan berupaya untuk memberikan hukuman seadilnya sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan.

 

Sistem pemerintahan yang baik

Sistem pemerintahan yang baik
Sistem pemerintahan yang baik

Sistem pemerintahan dan tata keloloa yang baik akan membantu negera untuk memantau dan mengontrol keuangan dan kekuasaan yang di berikan kepada pejabat pemerintah. Mempersempit ruang gerak mereka untuk melakukan korupsi perlu dilakukan.

 

Hal-hal diatas adalah seputar korupsi yang dalam kenyataanya harus kita cerminkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Cegahlah korupsi sejak dini, dari mulai keluarga kita sendiri. Kesadaran akan bahaya korupsi penting kita dasarkan kepada keluarga kita, dengan demikan dari sudut terkecil yaitu keluarga, akan mampu membangun keluarga yang baik tanpa korupsi.

download