Kliping Tentang Lingkungan Hidup

Lingkungan adalah keadaan dimana akita bertempat tinggal. Linghidup merupakan tempat dimana adanya interaksi sebuah populasi dari ekosistem yang melakukan kehidupan didalamnya. Interasi berlangsung antara makhluk hidup dan tak hidup.

Lingkungan adalah bagia dari kehidupan kita dimuka bumi. Pelestariannya perlu kita lakukan. Merusak lingkungan dengan mengabaikan segala aktivitas yang dapat membuat dampak kerusakan, misalnya membuang sampah sembarang, membakar hutan akan menghancurkan eksosistem dari mulai rantai terendah hingga ke yang tertinggi. Hal tersebut memicu ketidak seimbangan alam untuk saling menopang fungsi pada alam semesta.

Kadang kita mengira benca yang datang menimpa kita adalah data dari Allah SWT padahal belum tentu demikian. Bisa jadi hal tersebut karena ulah manusia itu sendiri yang tidak mau menjaga lingkungannya. Lingkungan hidup tempat kita terutama perlu kita jaga dan perhatikan, dari mulai hal terkecil, bersihkan sampah dan buanglah sampah pada tempatnya.

Baiklah kali ini kita akan rangkup pembahasan ini dalam sebuah kliping tentang lingkungan hidup.

1.Air penting bagi kehidupan masyarakat

Air penting bagi kehidupan masyarakat
Air penting bagi kehidupan masyarakat

Air dapat dikatakan sebagai sumber kehidupan di muka bumi ini. Air bersih adalah kebutuhan setiap manusia terutama sebagai kebutuhan makan, mandi, minum dan memasak. Dalam kutipan klip diatas di beritakan tentang peringatan hari air sedunia yang diperingati oleh SMA 4 Palang Karaya. Bersamaan dengan itu Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Kalimantan tengah mengadakan sosialissi tentang pentingnya air atas kedaulatan rakyat Indonesia yang diikuti oleh SMA yang ada di Palang Karaya.

2.Dilarang membuat sampah sembarangan

Dilarang membuat sampah sembarangan
Dilarang membuat sampah sembarangan

Sebuah plang yang beridiri diatas sebuah lahan yang bertuliskan “dilarang buang sampah disini” menunjukkan bahwa tempat tersebut sudah menjadi tempat biasa membuang sampah yang dilakukan oleh masyrakat. Padahal tempat tersebut sejatinya bukanlah tempat pengumpulan pembuangan sampah. Hal tersebut sangat berdampak terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan masyrakat itu sendiri. Hal yang timbul dari pembuangan sampah yang dibiarkan akan terjadinya pencemaran lingkungan, penyebaran penyakit dan bau tidak sedap.

3.Ilegal loging merusak hutan

Ilegal loging merusak hutan
Ilegal loging merusak hutan

Hutan adalah paru-paru bumi yang keberadaanya semakin hari semakin berkurang. Dikatakan sebagai paru-paru bumi atau dunia karena hutan berfungsi sebagai sirkulasi pengganti atas pencemaran udara yang ada di muka bumi ini.

Udara kotor seperti karbon dioksida dan sejenisnya di sirkulasi melalu proses alamiah yang ada di hutan sehingga menghasilkan oksigen yang berfungsi sebagai pernafasan manusia. Ilegal loging adalah tindakan yang melanggar hukum. Ilegal login merupakan aktivitas menebang hutan secara membabi buta tanpa mempunyai izin dari pemerintah. Dampak dari ilegal loging atau pembalakan liar ini adalah rusakanya ekosistem yang ada di hutan dan fungsi utama hutan itu sendiri.

Hutan berfungsi sebagai penahan dan hisapan air untuk mencegah banjir.

4.Tata kelola sungai jadi ruang publik

Tata kelola sungai jadi ruang publik
Tata kelola sungai jadi ruang publik

Sungai sekarang ini sudah banyak tercemar, terutama sungai-sungai yang ada di kota-kota besar. Pencemaran tersebut adalah sampah yang menggenang di sepanjang aliran sungai. Kurang sadarnya masyarakat terhadap kebersihan lingkungan membuat mereka seenak hati saja membuang sampah pada aliran sungai ini. Padahal jika mereka tahu, membuang sampa pada aliran sungai akan dapat menyebabkan aliran sungai terhambat dan dapat mengakibatkan banjir.

Pada klip diatas di beritakan bahwa sungai di jadikan ruang publik. Ini sebuah program atau kegiatan positif untuk memberitahukan kepada masyrakat luas bahwa sungai juga dapat menjadi tempat yang indah dan tempat yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi masyrakat sekita. Mari kita jaga sungai kita dari pencemaran sampah dan juga limbah rumah tangga.

5.Warga dididik buang sampah

Warga dididik buang sampah
Warga dididik buang sampah

Membuang sampah pada tempatnya perlu di pahami dan di biasakan sejak usia dini. Sampah adalah bagian dari limbah yang berupa limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pabrik dan barang sudah tidak terpakai lainya. Hal positif dari pemanfaat sampah adalah memilahnya menjadikan barang atau produk yang dapat di daur ulang kembali. Seperti misalnya kerajinan, pupuk, dan hal serta produk bermanfaat lainya.

Pada berita diatas masyrakat dididik atau diajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

Demikian kliping tentang sampah yang admin rangkum untuk teman-teman semua. Bahan kliping ini dikumpulkan dari berbagai sumber yaitu korang, internet dan juga gambar foto grafi. Semoga bermanfaat dan menambah informasi dan wawasan bagi kita semua.

Populer: download kliping tentang lingkungan hidup, Download kliping lingkungan hidup, kliping lingkungan hidup