Kliping Tentang Pendidikan

Pendidikan adalah aspek penting dalam kehidupan kita. Dengan pendidikan kita dapat belajar banyak hal, salah satunya adalah mengenal informasi dan ilmu pengetahuan. Di indonesia pendidikan di wajibkan kepada masyarakat warganya selama 9 tahun. 9 tahun tersebut di bagi beberapa jenjang yaitu tingkat dasar (SD) hingga tingkat menengah (SMP).

Untuk mengenyam pendidikan tidak semua orang diantara beruntung mendapatkannya. Sebagian orang kadang tidak bersekolah untuk melakukan pendidikan belajar dikarenakan beberapa sebab dan faktor, diantaranya keterbatasan biaya, keterbatasan infrastruktur, dan juga keterbatasan secara fisik.

Tidak jarang, diantara kita pula tidak menjadi orang yang bersyukur, dengan segala fasilitas dan perlengkapan yang ada, namun tidak bersungguh sungguh dalam mengenyam pendidikan, hmmm sungguh di sayangkan ya.

Baiklah, kali ini topik yang atau pembahasan yang kita angkat adalah kliping pendidikan. Ikuti terus artikelnya.

1.Aplikasi pendidikan tanpa biaya

Aplikasi pendidikan tanpa biaya
Aplikasi pendidikan tanpa biaya

Dunia penidikan sekarang sudah semakin maju. Dalam melakukan proses belajar dan mengajar serta berinteraksi dengan peserta didik atau pelajar kita dimudahkan dengan perangkat teknologi yang kini kian berkembang. Banyak sekali aplikasi atau software yang berfungsi untuk menunjang dan membantu proses belajar mengajar. Baik belajar secara individu atau mandiri di rumah maupun di sekolah.

Seperti halnya pengembangan aplikasi pendidikan yang dilakukan oleh raksasa internet google, mereka terus mendorong untuk memajukan pendidikan di dunia, salah satunya yaitu dengan mengembangkan aplikasi pendidikan yang diberikan secara gratis kepada masyrakat umum maupun instansi pendidikan.  Beberapa aplikasi tersebut misalnya google classroom, google shoolarship, google jurnal dan banyak lagi lainya.

2.Belajar matematika lewat ponsel

Belajar matematika lewat ponsel
Belajar matematika lewat ponsel

Zaman sudah semakin maju, banyak aktivitas di dunia ini dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Salahsatunya adalah penggunaan ponsel seperti smartphone untuk belajar matematika.

Kegandrungan siswa dengan bermain ponsel mendorong pengembang untuk membuat sebuah interaksi pendidikan yang bermanfaat, salahsatunya dengan menjadi ponsel sebagai media pembelajaran yang interaktif kepada siswa. Matematika merupakan pelajaran yang kebanyak siswa takuti atau tidak senangi, hal tersebut di utarakan karena anggapan mereka bahwa pelajara matematika atau mtk adalah pelajaran yang sulit, namun dengan mengambil aspek ponsel sebagai perangkat yang disenangi, maka hal ini dapat menghapus mitor bahwa mtk adalalah pelajaran yang sulit.

3.Guru sebagai ujung tombak pendidikan

Guru sebagai ujung tombak pendidikan
Guru sebagai ujung tombak pendidikan

Guru adalah seseorang yang mengajarkan ilmu pengetahuan terhadap seorang murid. Kita sering mendengar istilah atau pepatah guru tanpa tanda jasa. Hingga sedemikan itu penghargaan diberikan kepada seorang guru.

Guru ditiru oleh muridnya karena tauladannya yang baik, serta ilmu pengetahuan yang diajarkannya. Guru sebagai ujung tombak dari pendidikan adalah istilah yang memang benar adanya. Karakter murid, ilmu pengetahuan murin, dan akidah murid, semua bergantung terhadap pengajaran yang diberikan oleh guru. Guru ini cakupannya sangat luas, baik guru disekolah guru mengaji, guru kurus maupun guru belajar dirumah.

4.Hutan Pendidikan dan penelitian

Hutan Pendidikan dan penelitian
Hutan Pendidikan dan penelitian

UNAND atau Universita Andalas memiliki Hutan Pendidikan dan penelitian. Hutan ini adalah sebuah hutan dengan berbagai ragam tumbuhan serta pepohonan yang tumbuh disana. Hutan ini meskipun tidak seluas hutan belantara namun habitatnya dapat menjadi informasi pendidikan serta penelitian tentang habitat yang tumbuh disana.

Dengan adanya hutan ini, lingkungan menjadi lebih sejuk karena udara tercemar atau polisi dapat diminimalisir dengan adanya tumbuhan-tumbuhan hijau. Mari kita lestarikan dan kita jaga hutan ini.

5.Media belajar anak yang mengasyikan

Media belajar anak yang mengasyikan
Media belajar anak yang mengasyikan

Anak-anak merupakan usia kemeasan dalam membentuk karakter serta mengisi ilmu pengetahuan. Pendidikan anak sejak usia dini harus dilakukan agar mereka paham bahwa pendidikan itu penting. Seperti kutipan klip diatas, penulis mengutarakan mengenai pembuatan media belajar anak yang membuat mereka menjadi senang belajar dan tidak bosan. Pengembangan media-media ini merupakan sebagai sarana penyampai informasi pembelajar agar mudah di terima oleh peserta didik.

6.Pemerataan pendidikan bermutu

Pemerataan pendidikan bermutu
Pemerataan pendidikan bermutu

Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Segala upaya pendidikan harus diberikan oleh negara secara adil kepada warganya. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah pemerataan pendidikan bermutu baik infrastruktur serta fasilitas pendidikan.

Pemerataan tersebut harus dilakaukan secara adil di seluruh pelosok negeri dari sabang sampai meroke.

7.Pendidikan karakter diawali dari keluarga

Pendidikan karakter diawali dari keluarga
Pendidikan karakter diawali dari keluarga

Keluarga merupakan lingkup terkecil dalam pengajaran pendidikan. Pendidikan yang dapat diajarkan di lingkungan keluarga bukan saja pendidikan secara formal. Pendidikan tersebut misalnya pendidikan moral, pendidikan karakteristik, pendidikan kepribadian, pendidikan agama dan pendidikan akhlak.

Salah satu pendidikan yang ringan namun mempunyai pengaruh yang sangat besar seperti kutipan klip diatas yaitu, pendidikan dalam mengharga berbedaan. Perbedaan adalah hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai dengan adanya perbedaan kita menjadi saling menyalahkan, maka dari itu penting sekali adanya pendidikan mengenai menghargai perbedaan ini.

8.Pramuka menjadi gerakan pendidikan

Pramuka menjadi gerakan pendidikan
Pramuka menjadi gerakan pendidikan

Pendidikan dapat dilakukan dimana sajah. Pramuka adalah kegiatan ekstra kulikuler disekolah yang didalamnya dapat kita masukkan sebagai gerakan pendidikan. Pendidikan yang diajarkan pada pramuka sangat banyak jenisnya misalnya pendidikan baris-berbaris, kesetiakawanan, pendidkan saling tolong-menolong, pendidikan kerja sama dan sebagainya.

9.Sekolah tanpa ruang belajar

Sekolah tanpa ruang belajar
Sekolah tanpa ruang belajar

Mengenyam pendidikan membutuhkan sarana dan prasaranan. Sekolah merupakan tempat untuk menimba ilmu pengetahuan, tempat belajar dan mengajar. Bayangkan jika belajar di sekolah tanpa ruang belajar, sungguh miris jika kita mendengar itu.

Mungkin di pelosok indonesia banyak hal ini terjadi, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memperhatikan ini, mari kita bangun indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

 

Demikian kliping tentang pendidikan semoga informasi mengenai pendidikan dan segala yang ada dalam ruang lingkupnya dapat menambah informasi bagi kita semua.

Populer: KLIPING PENDIDIKAN