Kliping Tentang Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah segala tindakan yang keluar dari norma sosial. Yang mana perilaku tersebut dilakukan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung pada nilai yang mengandung kesusilaan atau kepatutan di depan umum. Sudut pandang tersebut dinilai baik dari sudut pandang segi agama maupun sudut pandang dari manusia sebagai makhluk sosial.

Penilaian penyimpangan dilihat dari segala aturan yang ada yang berlaku baik aturan hukum, aturan agama, aturan adat istiadat yang berlaku di lingkungan masyarakat. Maka dari itu segala tindakan yang tidak patut yang bernilai negatif dari segala aturan dan norma maka hal tersebut dapat dikatakan atau  dinilai menyimpang.

Penyimpangan tersebut banyak faktor penyebabnya. Penyebab seseorang berperilaku menyimpang misalnya tekanan, kebutuhan, pengaruh lingkungan sekitar. Baiklah, kali ini akan kita ulas sharing kali ini kedalam sebuah kliping mengenai perilaku penyimpangan sosial.

1.Anak punk

Anak punk
Anak punk

Anak punk adalah sebuah fenomena yang ada di kota besar pada umumnya. Mereka terdiri dari beberapa orang yang membentuk kelompok dan tanpa arah hidup tujuan yang jelas. Mereka di anggap sebagai perilaku menyimpang karena dinilai dari gaya berbusana mereka yang urak-urakan, bertato dan juga bertindik.

Meskipun tidak semua anak punk berperilaku buruk namun kesan yang timbul dengan gaya berpakaian mereka membua torang menilai mereka tidak baik. Pekerjaan yang mereka lakukan kadang menggelandang di jalanan dan juga mengamen. Uang yang mereka dapat digunakan untuk makan dan berfoya-foya sesuka hati mereka.

2.Banyak penyimpangan perilaku siswa

Banyak penyimpangan perilaku siswa
Banyak penyimpangan perilaku siswa

Budi pekerti adalah point penting yang harus diajarkan di sekolah. Dengan pemahaman budi pekerti yang baik seseorang siswa dapat menampatkan akhlak dan kepribadiannya sesuai dengan moral yang berlaku. Budi pekerti mendorong siswa untuk lebih mengerti dan menghargai orang lain di sekitarnya. Maka dari itu tidak diajarkannya budi pekerti yang baik, akan membut siswa tumbuh berkembang dengan kepribadian yang kurang baik.

4.Konfoi perpisahan

Konfoi perpisahan
Konfoi perpisahan

Konfoi perpisahan adalah acara ceremony yang dilakukan oleh para siswa untuk merayakan kelulusannya. Tindakan ini dianggak sebagai perilaku menyimpang sosial karena apa yang mereka lakukan kadang cenderung meresahkan masyarakat. Hal tersebut misalnya berugal-ugalan di jalanan dan kebut-kebutan. Selain itu tindakan yang biasa terjadi misalnya melakukan pewarnaan baju dengan menggunakan cat semprot. Hal ini merupakan tindakan kurang positif yang dilakukan oleh siswa.

5.Mengatasi anak kecanduan televisi

Mengatasi anak kecanduan televisi
Mengatasi anak kecanduan televisi

Televisi atau tv adalah alat media komunikasi yang mempunya nilai manfaat positif dan juga negatif. Manfaat positif yang dapat diambil dengan menonton tv misalnya kita dapat menambah inforamasi dan wawasan dengan acara yang disuguhkan berupa berita dan juga fakta ilmu pengetahuan. Sedangkan pengaruh negatifnya yaitu seorang anak dapat tidak ingat waktu jika menonton tv tanpa di kontrol waktunya. Hal ini akan mempengaruhi anak terhadap segala kewajibannya misalnya belajar, mengerjakan pr dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu sekali dilakukan penjadwalan buat anak yang ingin menonton tv, dengan demikian waktu akan menjadi lebih terkontrol dengan baik.

6.Penyalahgunaan minuman ker*as

Penyalahgunaan minuman ker*as
Penyalahgunaan minuman ker*as

Minuman ker*s adalah minuman yang dilarang di inonesia. Dilarangnya minuman ini karena dapat merusak generasi muda indonesia. Bagi mereka yang meminum ini akan membuat pikiran mereka menjadi sudah dikendalikan dan tidak terkontrol.  Seperti yang tanpak pada klip diatas seorang siswa yang seharusnya belajar di sekolah malah menyalahgunakan minuman ini.

7.Penyimpangan tawuran

Penyimpangan tawuran
Penyimpangan tawuran

Tawuran merupakan tindakan melanggar hukum dan pelakunya dapat dikenai sanksi. Tawuran sangat berbahaya bagi pelakunya. Hal ini akan mengakibatkan luka luka dan bahkan kehilangan nyawa. Tawuran terdapat banyak penyebabnya misalnya kesalahpahaman, berpedaan pendapat dan banyak lainya.

 

Demikian kliping mengenai penyimpangan-penyimpangan sosial yang ada disekitar kita. Semoga kita dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan tercela diatas, amin. Selaluah berperiaku positif dan berbuat baik kepada semua orang.