Kliping Tentang Pramuka

Pramuka adalah singkatan dari praja  muda karana. Pramuka merupakan organisasi pendidikan nonformal yang kegiatannya dilakukan berdasarka kepanduan dan berjenjang. Dalam artiannya yang luas pramuka bertujuan mendidik anggotanya agar lebih kreatif dan suka untuk berkarya.

Dalam pramuka terdapat beberapa jenjang atau tingkatan, yaitu:

  1. Pramuka Siaga (7-10 thn)
  2. Pramuka penggalang (11-15 thn)
  3. Pramuka penegak (16-20 thn)
  4. Pramuka pandega 21-25 thn)

Dalam pramuka di kita diajarkan untuk lebih memiliki jiwa sosial, toleransi dan juga kedisiplinan. Selain itu secara religi juga diajarkan untuk selalu taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut dibuktikan atau di ikrarkan dalam sebuah janji yaitu dasa darma pramuka.

Baiklah, ulasan tentang pramuka kali ini kita akan susun menjadi sebuah kliping yang kita kutip dari beberapa sumber yaitu koran dan interent.

1.Pramuka tengah cari alternatif pendanaan

Pramuka tengah cari alternatif pendanaan
Pramuka tengah cari alternatif pendanaan

Kegiatan dan even pramuka yang diadakan setiap waktu membutuhkan anggaran. Pemotongan anggaran membuat gerakan pramuka harus lebih berfikir kreatif untuk mendapatkan anggaran secara mandiri. Tidak memungkiri bahwa anggaran merupakan faktor yang penting dalam sebuah kegiatan.

Salahsatu upaya yang dilakukan untuk menambah anggaran yaitu dengan cara mengadakan jambore dengan menggali ide-ide untuk menghasilkan dana, salah satunya dalam ide pengelolaan sampah daur ulang menjadi produk baru yang lebih bermanfaat.

2.Pramuka tengah cari alternatif pendanaan

Pramuka tengah cari alternatif pendanaan
Pramuka tengah cari alternatif pendanaan

Pramuka merupakan cakupan terbaik untuk membenahi karakter bangsa. Pembenahan ini dilakukan dengan merevolusi mental para anggota pramuka sejak dini. Revolusi mental tersebut dapat di terapkan dalam implementasi Dasa Darma pramuka dan tri satya pramuka.

Kedua acuan tersebut menjadi tolak ukur dan pengontrol segala tindakan yang dilakukan oleh anggota pramuka. Di dalam pramuka banyak sekali ilmu yang diajarkan diantaranya keterampilan, kreatifitas dan kemandirian. Untuk itu darisinilah akan terbantuk nilai-nilai dan budi luhur karakter bangsa tersebut.

3.Pramuka ajarkan maskulin dan feminim

Pramuka ajarkan maskulin dan feminim
Pramuka ajarkan maskulin dan feminim

Maskulin adalah sifat kedewasaan yang terjadi pada pola pikir seorang pria. Sedangakn feminim adalah Sifat kedewasaan yang terjad pada seorang wanita yang meliputi kelembutan, kesabaran, dan kebaikan.

Masyarakat zama sekarang mengharapkan perempuan dan laki-laki mampu memerlihatkan karakteristik maskulin, sekaligus feminim. Orang-orang seperti inilah menurut para ahi menunjukkan keterbukaan pikiran, tidak lagi mementingkan peran gender. Artinya seseorang memilih suatu perilaku tidak berdasarkan pertimbangan kesesusaian dengan peran gender, namun berdasarkan kebutuhan personal. Hal ini dapat di latih secara baik melakui kemandirian pramuka.

4.Menggelora semangat pramuka

Menggelora semangat pramuka
Menggelora semangat pramuka

Pada masa kini, dianggap tergilasoleh zaman. Pamornya di mata anak muda kian meredup, jika dibandingkan dengan kondisi pada dua atau tiga dekade lalu. Namun apa yang terjadi di jaga linimasa sepanang ini, mampu membalikkan keterbalikan anggapan itu, Kini pramuka kian menunjukkan semangatnya.

Semangat pramuka terus ditularkan pada adik-adik kita mulai dari tingkat sekolah dasar. Dari mereka diajarkan bahwa pramuka itu mempunya banyak nilai pengajaran yang positif yang berguna bagi pengembangan diri, moral dan ahlak anggota pramukanya.

5.Penyegaran pelatih pramuka

Penyegaran pelatih pramuka
Penyegaran pelatih pramuka

Dalam sebuah kepemimpinan, perlu sekali adanya penyegaran ataupun pertukaran jabatan. Hal ini dimaksudkan untuk membangun paradigma bahwa ide-ide kepemimpinan dapat di gali dari seseorang yang berbeda. Dengan demikian segala pemikiran dapat di implementasikan pada aksi-aksi yang bertujuan untuk membangun pramuka lebih baik di Indonesia.

 

Demikian kliping tentang pramuka semoga dapat menambah wasasan kita tentangn pengetahuan pramuka. Mari ikut gerakan pramuka.

Populer: kliping pramuka, kliping tentang pramuka, contoh kliping pramuka, contoh kliping tentang pramuka, kliping pra, kliping tentang kepramukaan, kliping pramuka beserta gambarnya, keliping peramuka, Contoh kliping kepramukaan, tugas kliping tentang pramuka