Kliping Tentang Renang

Renang adalah olahraga yang dilakukan di dalam air. Berenang merupakan aktivitas bergerak didalam air yang dilakukan untuk menempuh atau berpindah dari satu titik ketitik yang lain. Pergerakan renang dilakukan oleh anggota tubuh, terutama bagian tangan atau lengan, punggung, kaki dan juga lengan.

 

Dari pergerakan anggota tubuh tersebut terciptalah gaya-gaya dan model renang yang dilakukan sekarang ini. Berenang merupakan kegiatan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Berenang secara rutin dapat meningkatkan tinggi badan secara signifikan.

 

Perubahan penambahan tinggi badan disebabkan karena terjadinya pergearakan pada semua otot yang ada pada tubuh. Dengan semikian sistem metabolisme dan penyerapan vitamin dan perederan darah dapat berjalan dengan lancar.

 

Berenang mempunyai banyak gaya dan model. Model-model ini juga dipertandingkan dala kejuaraan berenang nasional maupun internasional.

 

Gaya dalam berenang

1.Gaya Bebas

Gaya berenang bebas
Gaya berenang bebas

Gaya bebas dalam berenang kita kenal dengan istilah free swim dalam bahasa inggris. Cara gaya bebas dalam berenang yaitu mempoisisikan dada menghadap keair dengan lengang mengayuh air secara bergantian. Untuk posisi kaki, yaitu mengecambuk dari dalam air ke atas air dan posisi wajah menghadap ke air. Dan ketika tubuh mengayuh dalam keadaan miring, maka muka di palingkan ke samping Begitu seterusnya hingga perenang sampe ke titik finish tujuan berenang.

 

2.Gaya Kupu-kupu

Gaya berenang kupu-kupu
Gaya berenang kupu-kupu

Gaya berenang kupu-kupu merupakan gaya berenang yang mengadopsi pergerakan kupu-kupu. Gaya berenang ini merupakan gaya berenang yang juga menjadi gaya yang di perlombakan pada saat pertandingan olimpiade. Gaya ini membutuhkan tenaga yang maksimal dengan mempusisikan kedua lengang kedua mengayuh secara bersamaan. Kemudian gerakan lengan di kombinasikan dengan gerakan kaki. Selain pergerakan lengan dan kaki, hal yang perlu di perhatikan adalah irama dan alur dari pergerakan juga harus seimbang guna menghasilkan pertanahan tenaga yang maksimal.

 

3.Gaya Anjing

Gaya berenang anjing
Gaya berenang anjing

Seperti halnya gaya renang kupu-kupu, gaya anjing merupakan gaya renang yang meniru gaya berenang seekor anjing. Seperti yang kita ketahui seekor anjing mempunyai kekuatan dalam berenang dengan gayanya. Gaya berenang ini mengedepankan gerakan lengan dan juga pergerakan kaki, yang di kayuh secara berganitan dengan irama yang stabil. Dengan gerakan tersebut kayuhan lengan dapa di bantu dengan dorongan dari pergerakan kaki guna menghasilkan lucuran di dalam air.

 

4.Gaya Dada

Gaya berenang dada
Gaya berenang dada

Gaya berenang dada merupakan gaya yang memposisikan dada menghadap kedalam air. Untuk posisi tubuh berada posisi tetap dan berbeda dengan gaya bebas. Untuk posisi tangan dan lengan di arahkan kedepan dan juga untuk dorongan kedepan menggunakan kaki dengan gaya menendang ke dalam air. Untuk gaya dada sendiri sering kita kenal dengan istilah gaya katak. Dengan pertahanan pernapasankita kepala berada setelah mengangkat dari dalam air.

 

5.Gaya Punggung

Gaya berenang punggung
Gaya berenang punggung

Berenang gaya punggung merupakan posisi gaya berenang dengan memposisikan punggung menghadap ke air. Dengan dada menghadap keatas atau lebih tepatnya lagi posisi ini adalah posisi terlentang diatas air. Pergerakan yang dilakukan yaitu mengayuh lengan secara sedikit berputar dengan menggerakkan kaki dan betis hingga ke telapak kaki keatas. Untuk gaya berenang ini lebih menghemat tenaga karena sistem pernapasan mudah dilakukan karena posisi mulut dan hidung menghadap keatas.

 

6.Gaya Samping

Gaya berenang samping
Gaya berenang samping

Berenang gaya samping adalah berenang dengan memposisikan tubuh menghadap ke samping. Untuk posisi kepala berada diatas air guna mengambil pernapasan. Pergerakan yang dilakukan yaitu dengan mengayunkan tangan dan menggerakkan kaki secara beriama. Untuk posisi yang dilakukan dapat bergantian mulai dari sebelah kiri hingga ke sebelah kanan.

 

6 Gaya diatas merupakan gaya-gaya berenang yang umum dan bisa kita terapkan dalam kegiatan renang kita sehari-hari. Hal yang penting dilakukan dalam berenang selain menggunakan gaya-gaya diatas adalah sistem pernapasan. Sistem pernapasan dengan menerapkan pergerakan yang benar, akan membuat gerakan renang lebih stabil. Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir lagi, takut tenggelam ketika berenang.

download