Kliping Tentang Senam Lantai

Senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas lantai. Senam yang dilakukan di lantai menggunakan matras sebagai dasar alasnya. Dalam olahraga senam senam lantai di kenal dengan istilah senam bebas. Ukuran lebar atau lapangan senam lantai sekitar dengan panjang 12 meter dan lebar 12 meter.

Beberapa bagian dari senam laintai :

  1. Mengguling, merupakan gerakan menggulingkan badan di sekitar area senam
  2. Melompat, merupakan gerakan lompatan yang dilakukan pada saat senam
  3. Berputar, merupakan gerakan memutar apda area lantai senam

Baiklan untuk ulasan mengenai senam lantai ini akan kita rangkum kepada sebuah kliping menarik. Baca lebih lanjut lengkap klipingnya ya.

1.Gerakan Back roll

Gerakan Back roll
Gerakan Back roll

Gerakan back roll adalah kegiatan gerak mengguling kearah belakang yang cara melakukan gerakannya yaitu di mulai dengan sikap berdiri. Salanjutnya atlit sedikit merendahkan sikap posisinya dan menekuk kaki dan mengadahkan telapak tangan keatas dan menurunkan kepala hingga memutar ke belakang. Sikap selanjutkan setelah posisi ini biasanya langsung dapat dilakukan berdiri ataupn cukup bersikap jongkok.

2.Gerakan kayang

Gerakan kayang
Gerakan kayang

Gerakan kayang adalah gerakan dengan membalikkan posisi tubuh kearah belakang. Cara melakukan gerakan kayang yaitu posisi awal dilakukan berdiri kemudian tangah di arahkan kearah belakang dengan posisi tubuh sedikit melengkung dan melentur. Kemudian Tangan menumpu kebagian bawah pada alas. Pada tumpuan ini beban di tumpu pada kedua tangan dan juga kaki.

Hal yang sangat berbahaya jika melakukan gerakan kayang ini adalah keragu-raguan yang membuat tumpuan menjadi tidak stabil sehingga pelaku kayang akan roboh kebagian bawah bahkan bisa mengakibatkan cidera lengang dan juga betis.

3.Gerakan menggelinding

Gerakan menggelinding
Gerakan menggelinding

Menggelinding adalah gerakan dengan berpindah dari posisi satu ke posisi lainya yang dilakukang dengan cara sikap awal atlit memposisikan tubuhnya jongkok dengan menumpukan telapak tangan pada dasar atau lantai. Dan kemudian kaki melakukan sedikit tolakan kearah depan sehingga gerakan terjadi yaitu menjungkir balik dengan posisi tangan atau telapak tangan di bawah kepala. Selanjutnya posisi leher sedikit memutar dan bahu sedikit di lengkungkan. Maka Posisi gerakan menggelinding akan kembali ke posisi awal yaitu jongkok kembali.

4.Lompat jongkok

Lompat jongkok
Lompat jongkok

Lompat jongkok adala geraka yang dilakukan dengan melompati sebuah penghalang. Cara melakukannya adalah dengan menolakkan kaki dengan mengarahkan tangan kepada penghalang dan kemudiann menumpukan telapak tangan pada penghalang tersebut dan menolakkan tangan kembali keatas dengan posisi gerakan kembali berdiri tepat di depan penghaang atau tumpuan tersebut.

5.Gerakan meroda

Gerakan meroda
Gerakan meroda

Gerakan meroda adalah gekan yang dilakukan dengan posisi tubuh miring ke samping. Cara melakukannya yaitu atlit berdiri kemudia merentangkan tangan ke arah atas dan juga kak merentangkan kaki sedikit meleber. Kemudian dilakukan gerkaan dengan mengangkat salah satu kaki kearah samping dengan menumpukan salah satu tangan kelantai kemudian di ikuti dengan kaki sebelahnya dan juga menumpukan tangan sebelahnya sehingga terjadi perpindahan posisi tangan di bawah dan kaki di atas. Selanjutnya atlit melakukan pijkan ke lantai kembali dan di ikuti dengan kaki sebelahnya hingga posisi kembali berdiri seperti semula.

6.Loncat harimau

Loncat harimau
Loncat harimau

Loncat harimau adalah salah satu olahraga senam lantai yang dilakukan dengan cara melompat dengan mengguling pada sebuah matras atau dasaran lantai yang lunak. Biasanya matras terdiridi dari beberapa sehingga lompatan ini dapat dilakukan beberapa kali.

7.Sikap Lilin

Sikap Lilin
Sikap Lilin

Sikap lilin adalah salah satu gerak dengan mengutamakan kelenturan. Cara melakukannya yaitu dengan posisi kepala dibagian bawah dengan memposisikan bahu sebagai alas dengan posisi telapak tangan memegang pinggan dan meluruskan kaki hingga keatas.

 

Senam lantai bisa diakukan oleh siapa saja. Namun yang menjadi perhatian penting adalah posisi-posisi tubuh untuk melakukan senam lantai haruslah tepat dan sesuai dengan pengarahan instruktur. Kesalahan dalam gerakan senam laintai dapat membuat otot cidera dan terkilir. Demikian semoga bermanfaat.

Populer: kliping tentang senam lantai, kliping olahraga senam, kliping penjas tentang senam lantai, kliping senam lantai