Kliping Tentang Wayang

Wayang adalah tokoh budaya yang berada di Indonesia. Wayang sendiri di bagi menjadi beberapa jenis. Untuk jenis-jenisnya akan akan kita ulas pada contoh kliping tentang wayang kali ini.

Wayang di Indonesia menjadi media kesenian yang sudah ada sejak jaman dahulu. Terlebih lagi zaman pra penjajahan. Wayang sebagai sarana hiburan bagi masyarakat terdahulu yang notabene pada masa itu belum adanya hiburan yang secanggih seperti sekarang ini. Selain sebagai media hiburan seni, pementasan wayang juga di gunakan sebagai media dakwah dan penyebaran ajaran keagamaan, Inilah yang di lakukan oleh Para Walisongo di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu pementasan wayang saat ini sudah mulai di tinggalkan oleh generasi muda Indonesia. Sudah saatnya kita melestarikan dan mencintai budaya kita sendiri. Baiklah untuk ulasannya simak kliping yang searti susun kali ini. Untuk gambar-gambar ini di kumpulkan dari beberapa sumber yang ada di internet.

Kliping tentang wayang

1.Wayang Kulit

Wayang kulit adalah wayang yang karakternya terbuat dari kulit. Pada umumnya kulit yang digunakan adalah kulit sapi yang sudah di keringkan dan kuat. Untuk asal-muasal wayang sendiri pada umumnya kebanyakan berasal dari pulau jawa, di antaranya daerah jakarta atau betawi, jawa barat dan juga jawa timur.

Melihat dari jenis asalnya wayang kulit terbagi lagi menjadi beberapa jenis pewayangan  kulit yaitu:

a. Wayang Purwa,

Kliping wayang purwa
Kliping wayang purwa

Wayang purwa adalah penamaan wayang dipakai untuk membedakan wayang jenis ini dengan wayang kulit yang lainnya. Ini adalah penamaan jenis pewayangan pada pertama kalinya.

b. Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta

Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta
Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta

Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta adalah wayang kulit yang secara morfologi memiliki ciri bentuk, pola tatahan, dan sunggingan yang khas.

c. Wayang Kulit Gagrag Banyumasan

Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
Wayang Kulit Gagrag Banyumasan

Wayang Kulit Gagrag Banyumasan adalah peyawangan yang di kenal dengan istilah pakeliran, dan berperan sebagai bentuk seni klangenan serta pementasan wayang ini dijadikan  sebagai wahana untuk mempertahankan nilai etika, devosional dan hiburan.

d. Wayang Madya

Wayang Madya
Wayang Madya

Wayang Madya adalah Wayang kulit yang diciptakan oleh Mangkunegara IV, wayang ini di ciptakan di maksudkan sebagai penyambung cerita Wayang Purwa dengan Wayang Gedog.  Cerita pewayangan Madya yang terkenal adalah cerita Anglingdarma.

e. Wayang Gedog

Wayang Gedog
Wayang Gedog

Wayang Gedog adalah wayang yang di kenal juga dengan istilah Wayang Panji, yang merupakan wayang yang memakai cerita dari serat Panji. Wayang ini ada sejak zaman Majapahit.

f. Wayang Dupara

Wayang Dupara
Wayang Dupara

Wayang Dupara adalah salah satu jenis wayang yang diciptakan oleh R.M. Danuatmaja, keponakan Sri Mangkunegara IV dari Solo sekitar tahun 1894

g. Wayang Wahyu

Wayang Wahyu
Wayang Wahyu

Wayang Wahyu diciptakan oleh Temotheus Mardji Subrata pada tahun 1960. Ia berasal dari Malang, Jawa Timur

h. Wayang Suluh

Wayang Suluh

Wayang Suluh adalah wayang yang terbuat dari kulit dan berbentuk manusia biasa, dengan tokoh wayang keseharian, misalnya P Lurah, P Haji, Ibu Guru, Bapak Guru, petani, saudagar, anak sekolah, mahasiswa dan lainya. Cerita yang di angkat pada umumnya mengulas tentang kehidupan sehari hari yang ada di masyarakat dan sekitar kita

i. Wayang Kancil

Wayang Kancil
Wayang Kancil

Wayang Kancil  wayang kancil adalah wayang yang di ciptakan oleh Sunan Giri, wayang ini hingga terkenal di populerkan lagi oleh seorang Tionghoa bernama Babah Bo Liem, sekitar tahun 1925. Pada bentuknya  wayang Kancil Pada kiri dan kanan kelir digambar hutan, di tengah ada bundaran tanpa gambar untuk paseban kalau wayang keluar.

j. Wayang Calonarang

Wayang Calonarang
Wayang Calonarang

Wayang Calonarang  adalah wayang sering dikenal dengan nama Wayang Leyak, yang merupakan salah satu jenis wayang kulit yang berasa dari daerah  Bali yang dianggap angker atau seram karena dalam pertunjukannya banyak mengungkapkan nilai-nilai magis dan rahasia pangiwa dan panengen.

k. Wayang Krucil

Wayang Krucil
Wayang Krucil

Wayang Krucil  adalah kesenian khas yang berasal dari daerah Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang terbuat dari bahan kulit dan berukuran kecil sehingga lebih sering disebut dengan Wayang Krucil.

l. Wayang Ajen

Wayang Ajen
Wayang Ajen

Wayang Ajen Wayang ajen adalah wayang yang nama Ajen diambil dari Bahasa Sunda yang artinya ngajenan. Ngajenan artinya menghargai atau sesuatu yang diberikan penghormatan.

m. Wayang Sasak

Wayang Sasak
Wayang Sasak

Wayang Sasak adalah wayang yang berasal dari derah lombok. Wayang ini di pentaskan  mempunyai nilai syiar agama Islam yang filosofinya tentang nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya sarat tentang pelajaran hidup.

n. Wayang Sadat

Wayang Sadat
Wayang Sadat

Wayang Sadat  adalah wayang yang pementasan lakonya menceritakan tentang para wali dari Kerajaan Demak sampai Kerajaan Pajang, anak-anak wayang dan dalang beserta niyaga memakai serban. Dan juga wayang ini memunai nilai dakwah.

o. Wayang Parwa

Wayang Parwa
Wayang Parwa

Wayang kulit yang membawakan lakon – lakon yang bersumber dari wiracarita Mahabrata yang juga dikenal sebagai Astha Dasa Parwa. Wayang Parwa adalah Wayang Kulit yang paling populer dan terdapat di seluruh Bali.

p. Wayang Arja

Wayang Arja
Wayang Arja

Wayang Arja adalah adalah sebuah wayang ciptaan baru yang diciptakan sekitar tahun 1975 oleh seorang  dalang bernama I Made Sidja dari desa Bona, atas dorongan almarhum I Ketut Rindha.

q. Wayang Gambuh

Wayang Gambuh
Wayang Gambuh

Wayang Gambuh adalah salah satu jenis wayang Bali yang langka, pada dasarnya adalah pertunjukan wayang kulit yang melakonkan ceritera Malat, seperti wayang panji yang ada di Jawa.

r. Wayang Cupak

Wayang Cupak
Wayang Cupak

Wayang Cupak adalah wayang kulit Bali yang juga termasuk sangat langka, adalah pertunjukan wayang kulit yang melakonkan cerita Cupak Grantang yang mengisahkan perjalanan hidup dari dua putra Bhatara Brahma yang sangat berbeda wataknya.

s. Wayang Beber

Wayang Beber
Wayang Beber

Wayang Beber seni wayang yang muncul dan berkembang di Jawa pada masa pra Islam dan masih berkembang di daerah daerah tertentu di Pulau Jawa.

2.Wayang Bambu

Wayang Bambu
Wayang Bambu

Wayang bambu adalah wayang yang tokohnya terbuat dari bambu. Rangkaian bambu yang di buat sedimikian rupa mencerminkan karakter dengan watak tertentu. Jenis atau jenis wayang bambu diantaranya yaitu: Wayang Golek Langkung

3.Wayang Kayu

Wayang kayu adalah wayang yang tokohnya terbuat dari kayu. Kayu di pahat dan di ukir sedemikian rupa sehingga membuk karakter tertentu. Kayu yang digunakan untuk pembuatan wayang kayu pada umumnya kayu yang mempunya jenis yang kuat namun lunak untuk di pahat. Jenis dari wayang kayu diantaranya;

a. Wayang Golek/Wayang Thengul

Wayang Golek
Wayang Golek

Wayang Golek adalah suatu seni tradisional Sunda pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan. Bahkan kesenian wayang ini sudah menjadi tradisi setiap ada hajatan atau pesta pada masyarakat pedesaan.

b. Wayang Menak

Wayang Menak
Wayang Menak

Wayang Menak adalah wayang yang di kenal dengan  Wayang Golek Menak merupakan wayang berbentuk boneka kayu yang diyakini muncul pertama kali di daerah Kudus pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwana II.

c. Wayang Papak/Wayang Cepak

Wayang Papak
Wayang Papak

Wayang Papak  adalah Wayang Golek Papak merupakan seni pedalangan di daerah Cirebon. Wayang Golek Papak sering disebut dengan Wayang Cepak

d. Wayang Klithik

Wayang Klithik
Wayang Klithik

Wayang Klithik  adalah wayang yang terbuat dari kayu. Berbeda dengan wayang golek yang mirip dengan boneka, wayang klitik berbentuk pipih seperti wayang kulit.

e. Wayang Timplong

Wayang Timplong
Wayang Timplong

Wayang Timplong  adalah sejenis kesenian wayang dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. Wayang ini ada di perkirakan sekitar tahun 1910 dari Dusun Kedung Bajul Desa Jetis, Kecamatan Pace, provinsi Jawa Timur.

f. Wayang Potehi

Wayang Potehi
Wayang Potehi

Wayang Potehi adalah merupakan salah satu jenis wayang khas Tionghoa yang berasal dari Tiongkok bagian selatan.

g. Wayang Golek Techno

Wayang Golek Techno,
Wayang Golek Techno,

Wayang Golek Techno,  adalah sebuah seni pertunjukan wayang golek kontemporer yang mengedepankan teknologi di dalam pertunjukannya

4.Wayang Orang

Wayang orang adalah tokoh pewayangan yang perannya di lakukan oleh manusia. Pada pementasannya pewayangan ini menggunakan sekenario dan di susun hingga di pentaskan beberapa sesi. Setiap sesi menggambarkan konflik yang terjadi pada topik atau judulnya.

a. Wayang Gung

Wayang Gung
Wayang Gung

Wayang Gung adalah sejenis kesenian wayang orang pada suku Banjar di Kalimantan Selatan

b. Wayang Topeng

Wayang Topeng
Wayang Topeng

Wayang Topeng  adalah dalah wayang yang dimainkan oleh orang dengan menggunakan topeng yang menutupi muka atau wajah. Pementasan Wayang Topeng ini dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian.

5.Wayang Motekar

Wayang Motekar
Wayang Motekar

Wayang motekar adalah wayang yang karakternya terbuat dari rangkaian plastik. atau Plastik yang di keraskan dan di cetak.

6.Wayang Rumput

Wayang Rumput
Wayang Rumput

Wayang rumput adalah warung yang karakternya terbuat dari rumput yang pembuatannya bisa dengan di ikat dan juga di susun sedimikian rupa sehingga membantuk karakter tertentu. Dalam bahasa jawa rumpu di sebut juga dengan suket. Maka dalam pewayangan ini di kenal dengan istilah wayang suket yang artinya wayang yang terbuat dari rumput.